Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH

Pada hari ini, Kamis, tanggal sepuluh bulan Juli tahun dua ribu delapan, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

  1. Restuning Widiasih, Dosen UNPAD, bertempat tinggal di Vila Mahkota Pesona Blok ii3 No.14, Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, dalam hal ini bertindak untuk dan atas namanya sendiri yang selanjutnya akan disebut sebagai Pihak Pertama
  2. Anjung Darajat, swasta, bertempat tinggal di Jl. Cikutra Raya No 24, Kota Bandung, Propinsi Jawa Barat, dalam hal ini bertindak untuk dan atas namanya sendiri yang selanjutnya akan disebut juga sebagai Pihak Kedua

Kedua belah pihak dengan ini menerangkan bahwa Pihak Pertama menjual kepada Pihak Kedua berupa bangunan dan tanah yang berdiri diatas Sertifikat Hak Milik No 013/HM/2005 yang terletak di Vila Mahkota Pesona Blok ii3 No.14, Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat

Kedua belah pihak sepakat untuk mengikatkan diri dalam perjanjian ini dengan syarat-syarat sebagai berikut

Pasal 1 Perpindahan Kepemilikan

  1. Perjanjian jual beli ini berlaku lima hari setelah ditandatanganinya perjanjian ini dan akan berakhir setelah rumah berpindah status kepemilikannya kepada pihak kedua.
  2. Proses perpindahan kepemilikan rumah akan diurus oleh pihak kedua berikut tanggungan yang timbul dan pihak pertama hanya akan membantu kelancaran kepengurusan saja.
  3. Perpindahan kepemilikan hanya akan diproses setelah semua kewajiban pihak kedua dipenuhi.

Pasal 2 Nilai Jual Bangunan dan Tanah

  1. Rumah dijual seharga Rp 80.000.000
  2. Uang muka penjualan rumah adalah sebesar Rp 20.000.000 yang harus sudah dibayar oleh Pihak Kedua ke rekening yang ditunjuk oleh Pihak Pertama pada saat ditandatanganinya perjanjian ini
  3. Pembayaran berikutnya akan dilakukan pada setiap awal bulan sebelum tanggal 15 sebesar Rp 1.000.000 sebanyak 60 kali ke rekening yang ditunjuk Pihak Pertama
  4. Pembayaran dianggap lunas bila pembayaran sudah mencapai nilai jual yang telah disepakati

Pasal 3 Keterlambatan Bayar

  1. Keterlambatan pembayaran dari tanggal pada pasal 2 butir (3) akan dikenakan denda sebesar Rp 25.000
  2. Percepatan pembayaran tidak mengurangi nilai kewajiban yang harus dibayar oleh pihak kedua.

Pasal 4 Gagal Bayar

1.     Apabila karena satu dan lain hal terjadi gagal bayar maka akan dianggap sebagai sewa kontrak rumah dengan nilai Rp 400.000 per bulan dan semua uang pembayaran akan dikembalikan oleh Pihak Pertama kepada Pihak Kedua setelah dikurangi seharga nilai kontrak rumah, nilai kerusakan bangunan bila ada dan kewajiban-kewajiban yang lain pada Pasal 5 butir (2)

2.     Pihak Kedua harus menyerahkan kembali rumah dalam keadaan kosong dan terpelihara kepada Pihak Pertama dan Pihak Pertama tidak berkewajiban untuk menyediakan sarana penampungan guna menampung keperluan dan barang-barang dari Pihak Kedua

Pasal 5 Kewajiban-Kewajiban Lain

1.     Pihak Pertama wajib membayar iuran Pajak Bumi dan Bangunan sampai proses pemindahan kepemilikan selesai

2.     Pihak Kedua wajib membayar iuran listrik rumah dan iuran warga setempat

3.     Pihak Kedua tidak diperkenankan untuk mengubah fungsi serta peruntukkan sebagai rumah tinggal sampai pembayaran dianggap lunas

Pasal 6 Lain-lain

  1. Pihak Kedua atas tanggungan sendiri dapat melakukan perubahan pada rumah yang tidak akan mengubah konstruksi dan NJOP dan tambahan tersebut harus merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan menjadi milik Pihak Pertama
  2. Perubahan sebagaimana dimaksud dalam butir (1) harus dengan ijin tertulis dari Pihak Pertama
  3. Pihak Pertama menjamin Pihak Kedua bahwa selama masa perjanjian ini berlaku, Pihak Kedua tidak akan mendapatkan tuntutan dan atau gugatan dari pihak lain yang menyatakan mempunyai hak atas tanah dan rumah tersebut
  4. Pihak kedua akan mendapatkan hak kepemilikan secara penuh apabila pembayaran telah dinyatakan lunas
  5. Segala kerusakan kecil maupun besar dari rumah tersebut menjadi tanggungan sepenuhnya dari Pihak Kedua tanpa kecuali
  6. Segala ketentuan yang belum diatur dalam perjanjian ini akan diatur selanjutnya dalam addendum/amandemen yang merupakan bagian tak terpisahkan dari perjanjian ini dan akan diputuskan secara bersama
  7. Apabila terjadi sengketa atas isi dan pelaksanaan perjanjian ini, kedua belah pihak akan menyelesaikannya secara musyawarah
  8. Apabila penyelesaian secara musyawarah tidak berhasil, maka kedua belah pihak sepakat untuk memilih domisili hukum dan tetap di kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Kabupaten Bogor

Demikian perjanjian in disetujui dan dibuat serta ditanda tangani oleh kedua belah pihak dengan dihadiri saksi-saksi yang dikenal oleh kedua belah pihak serta dibuat dalam rangkap dua bermateri cukup yang masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Semoga ikatan perjanjian ini membawa berkah bagi semua pihak.

 

Pihak Pertama                                                               Pihak Kedua

 

 

 

Restuning Widiasih                                                          Anjung Darajat

 

Saksi

 

 

1. Saffan Firdaus                                                         2. Rafa Azka

About these ads

23 Responses to Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

  1. idhan says:

    ada surat perjanjian jual beli yang aslinya ga????
    butuh bgt nie bwt tgs….
    tolongin ya….

    surat2 yg dibutuhin :
    1. surat perjanjian jual beli
    2.surat perjanjian pengangkutan
    3.surat perjanjian tukar menukar / tukar tambah

    klo punya, tolong dikirim ke email y copyannya….
    makasih banget ya….

    wildan_dhan_satria@yahoo.co.id

    • kelayaban says:

      Wahh aslinya sangat mirip dengan yg ada di blog….hanya alamat ma nama aja yg beda. Sebenarnya tidak sesederhana itu dlm jual/beli property karena harus melibatkan PPAT. Tapi krn ma temen jd cukuplah seperti itu aja, yg penting ada pegangan jika nantinya ada masalah…

  2. arthur says:

    tolong dong, muat surat perjanjian jual beli sepeda motor yang pembayarannya secara kredit, kalau bisa kirim ke email aku ya…

    trims sebelumnya

  3. Anggi says:

    ada yang punya surat perjanjian antara broker dan penjual ga??

  4. shita says:

    waahhhh …

  5. muzad says:

    makacih atas surat nya

  6. Kriswanto Amin says:

    Bisa ga di tambah surat perjanjian antara penjual dan broker? Kalo bisa kirim ke email aku ya, tx

  7. andi says:

    mnta tlong…
    krimin dunk yg asli…
    ke almt email andi_lekto@yahoo.com

  8. Adit says:

    sodara yg saya hormati..,
    saya mau nanya…SUrat jual beli ini dipegang kedua belah pihak atau pembelinya saja?.. masalah materai ada di keduanya atau salah satu pihak saja?

    terima kasih sebelumnya..

    • kelayaban says:

      Sebaiknya kedua belah pihak mempunyai kedua dokumen tsb karena memiliki kekuatan yg sama, jadi masing-masing memegang dokumen yg ada ttd bermeterai dr pihak lainnya.

  9. mulyadi says:

    itukan surat pertama sebagai uang muka, kalau surat kedua pelunasannya bagaimana ya, misalnya surat pertama ini DP 50%, trus contoh surat pelunasan yg 50% lagi bagaimana ya, ada yg tahu nggak, tolong contohnya dong.

    Terima kasih banyak

  10. bhohay says:

    klo mau jual tp over kredit gmna surat perjanjian nya……..

  11. daniey danker says:

    ada gak sh surat perjanjian jual beli “barang seperti di supermarket gtw???????????????????????”

  12. diny says:

    klo boleh tolong kirim contoh surat jual beli rumah tapi tidak bersetifikat. hanya ada hak sewa. karena tanahnya milik pemerintah.
    saya butuh sekali.
    tolong kirim ke email saya.
    terima kasih

  13. Mawardi says:

    Terima kasih info surat Perjanjiannya

  14. jiwangga says:

    trims ya maz atas infonya

  15. maksih, izin copy ya :D

  16. SHOLIH ILHAM says:

    TERIMA KASIH PAK YA……

  17. karnoto says:

    salam kenal gan,,,

  18. wafiyah hamsah says:

    makasih,, izin copy yah
    buat kerja PR….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: